Cara Menghapus Foto Auto Back Up di Gallery HP Android

Untuk Anda paara pengguna Android, pastinya sudah akrab dengan fitur Auto Back Up yang dimiliki sistem operasi besutan Google ini. Fasilitas auto back up ini merupakan salah satu fitur yang disematkan Google dimana tujuannya adalah untuk menjamin keamanan data-data Anda jika sewaktu-waktu hilang akibat memori rusak, install ulang sistem operasi, HP di reset, serta hal-hal lain yang bisa mengakibatkan hilangnya data. Salah satu data yang di back up oleh Android adalah foto dan gambar. Namun, banyak dari pengguna Android yang terkadang kebingungan karena tidak bisa menghapus file foto atau gambar auto back up di masing-masing smartphonenya. Nah, disini saya akan berbagi trik kepada Anda untuk Menghapus Foto Auto Back Up di HP Android.


Cara Menghapus Foto Auto Back Up di Gallery HP Android

Kesulitan pengguna yang masih awan untuk menghapus foto di auto back up Android bisa dimaklumi karena file tersebut sebenarnya di back up secara online, alias tersimpan di server Google, atau lebih tepatnya di akunGoogle Picasa Anda. Sehingga, penjelasan simpel untuk menghapus foto Auto Back Up Anda adalah dengan cara masuk ke situs picasaweb.google.com, login dengan akun Google Anda (yang juga akun Android Anda), maka akan terlihat foto-foto dan gambar milik Anda, dari sini silahkan pilih foto mana yang mau Anda hapus.

Namun, jika Anda ingin penjelasan lebih detail atau masih mengalami masalah, seperti foto yang sudah dihapus tetap mucul lagi, simak terus artikel ini.

Sebenarnya, Anda juga bisa memilih untuk tidak menampilkan foto-foto dari Google Picasa di gallery dengan memilih: Menu --> Content to Display --> Lalu uncheck menu "Content in Picasa".

Ok, sekarang langsung saja kita bahas detail mengenai cara menghapus foto Auto Back Up di smartphone Android Anda yang saya kutip dari android.appstorm.net


1. Stop Sinkronisasi Picasa Web Album
Masuk ke pengaturan Smartphone Android Anda, cari menu Account lalu klik pada Akun Google. Pilih Alamat email Anda, lalu jangan centang pilihan "Sync Picasa Web album"


Perlu diingat bahwa menghentikan sinkronisasi tidak akan mempengaruhi Google+ Instant Upload untuk foto, dan tidak menghapus gambar Picasa Anda yang ada di server Google. Hal ini hanya akan menghentikan sinronisasi foto-foto di Album Picasa dengan smartphone, atau dengan kata lain foto-foto baru di Picasa tidak akan lagi dimunculkan di gallery Smartphone Anda.


2. Bersihkan Data di Gallery
Sekarang, Picasa sudah tidak disinkronisasikan lagi ke smartphone Anda, album atau foto baru tidak akan dimunculkan lagi. Namun, foto-foto dari sinkronisasi sebelumnya tentu masih ada di Gallery Anda, itulah mengapa Anda perlu menghapus dan membersihkan file-file ini.

Masuk ke menu Setting --> Application manager lalu swipe ke tab ketiga (All), scroll ke bawah menuju Gallery, lalu klik Gallery tersebut. Disana, Anda dapat menghapus data yang Anda inginkan.



3. Refresh Gallery
Anda cukup membuka Gallery Anda untuk melakukan hal ini, dan menunggu Gallery untuk me-refresh dan membangun thumbnail foto-foto Anda kembali. Jika koleksi foto Anda sedikit, maka prrosesnya akan cepat, namun jika Anda memiliki koleksi foto yang cukup banyak, maka Anda harus sedikit lebih sabar menunggu.


Ok, itu tadi ketiga langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghapus foto auto back Up di perangkat Android kesayangan Anda. Cukup mudah bukan? Sekarang gallery Anda tidak "dikotori" lagi oleh foto-foto dari Picasa yang bisa menggangu Anda.

Anda juga tetap bisa melihat foto-foto di Picasa dengan mengakses Google+ terlebih dahulu.

Jika merasa tips ini bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar ya..

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah dengan cara yang SOPAN dan SANTUN !! Jika komentar berbau RASIS akan DIHAPUS.
TERIMA KASIH :)